Peluang Investasi

Investasi PLTA atau Wisata di Sampuren atau Air Terjun Lae Une

Jumat, 19 Desember 2014

Sejak terbentuknya Kabupaten Pakpak Bharat Bupati dan Aparatur Pemerintahan selangkah demi selangkah mulai melakukan pembangunan di berbagai sektor yaitu pembangunan sarana umum dan perkantoran. Keadaan pembangunan tersebut merupakan merupakan wujud nyata dari pembangunan Kabupaten Pakpak Bharat. Disamping manjunya geliat pembangunan di Kabupaten Pakpak Bharat, Bupati telah melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi yang sudah terkenal di Indonesia seperti ITB (Bidang Teknik Tepat Guna), IPB (Bidang Pertanian), USU dan Unimed (Bidang Pendidikan), PHP II (Bidang Peralatan dan Kesehatan).

Pembangunan Infrastruktur (jalan, irigasi dan perkantoran) Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat telah berhasil membangun jalan negara 41.00 km. Bidang Irigasi telah dibangun 73 saluran irigasi dengan total luas lahan irigasi 8.740 ha, luas areal irigasi berfungsi 1.620. Semetara untuk program pembangunan infrastruktur pada tahun 2008 ang akan datang Pemkab Pakpak Bharat telah merencanakan membangun jalan di 6 lokasi dengan panjang ruas jalan 93.00 km, bidang pengairan 10 lokasi yang terdapat di 5 kecamatan. Bidang sarana permukiman sepanjang 23 km yaitu sarana air bersih pedesaan, drainase perkotaan 3 km, pembangunan trotoar pada perkotaan sepanjang 1.500 meter. Sementara bidang perhubungan direncanakan akan dibangun guard rail di jalan propinsi dan jalan Negara. Pemasangan marka jalan, rambu lalu lintas, pengawasan delinator, pengadan dan pemasangan paku jalan yang keseluruhan direncanakan dibangun pada tahun 2008.

PEREKONOMIAN (ECONOMICS) Geliat pertumbuhan perekonomian kabupaten Pakpak Bharat mash jauh dari harapan. Ketertinggalan pembangunan pada masa lalu. Dengan berbagai program yang diaktualisasikan akhirnya masyarakat mampu membuktikan bahwa masyarakat Pakpak memiliki kemajuan untuk bekerja keras. Perekonomian masih didominasi dari hasil palawija, sebagian hasil perkebunan sudah mulai dapat diandalkan masyarakat. Pembentukan kelompok kontak tani baru-baru ini merupakan aspirasi masyarakat yang bertujuan meningkatkan perekonomian walaupun dananya masih dibantu olah pemkab Pakpak bharat. Disamping memiliki lahan subur untuk dijadikan lahan pertanian, Kabupaten Pakpak Bharat memiliki Sumber daya alam pertambangan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh PT Dairi Prima Mineral, ternyata wilayah Pakpak Bharat mengadung bahan tambang timah hitam yang terletak di desa lae merempat berbatasan dengan Kabupaten Dairi dan Aceh Singkil, memiliki jumlah persediaan timah hitam yang cukup menjanjikan.

HUKUM DAN POLITIK (LAW AND POLITICS)

Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat dalam menjalankan tugas dan fungsinya patuh dan taat kepada hukum. Hukum selalu menjadi patokan dalam setiap mengambil kebijakan. Terbukti bahwa eks pejabat Pakpak Bharat pada masa pemerintahan terdahulu sudah mempertanggungjawabkan perbuatannya di depan hukum, selain memajukan pembangunan sarana, prasarana dan SDM, pembangunan bidang hukum tidak luput dari perhatian pemerintah. Sementara di bidang politik tergolong sangat kondusif. Ini dibuktikan dengan tidak ditemukannya demonstrasi. Masyarakat tidak mau dipropovokasi oleh pihak tertentu, melainkan sudah menuju politik yang sehat. Demokrasi terbuka selalu terlihat pada saat terjadinya Pilkades. Hukum yang jelas dan politik yang kondusif merupakan jaminan kepada pengusaha dalam melaksanakan investasi di Kabupaten Pakpak Bharat, yang diikuti oleh peataan administrasi pemerintahan yang baik, efektif efisien, mudah serta tepat waktu yang merupakan manajerial pemkab Pakpak Bharat dalam menjalankan Roda Pemerintahan.

PERMASALAHAN DAN PENYELESAIAN MASALAH (PROBLEM AND SOLUTION PROBLEM)

Bupati maupun Aparatur Pemkab Pakpak Bharat dalam setiap kunjungan kerja ke desa maupun kecamatan selalu memberikan dorongan dan semangat kepada masyarakat. Agar selalu bekerja keras untuk menyosong masa depan yang lebih baik dan melupakan masa lalu yang tidak menyenangkan. Bupati tidak henti-hentinya memberikan contoh kepada masyarakat yang maju sehingga dengan contoh tersebut dapat membangkitkan motivasi masyarakat, dijadikan modal dalam memajukan taraf hidupnya. dengan dana yang jumlahnya tergolong besar, Pemkab Pakpak Bharat memberikan jaminan kemajuan kepada masyarakat. Pembangunan Pakpak Bharat mulai menggeliat/dirasakan oleh masyarakat Pakpak Bharat pada khususnya dan masyarakat umum dengan adanya bukti bahwa Investor asing mulai berani untuk menanam investasinya dengan adanya rencana pertambangan yang mulai dibuka di Desa Lae Merempat Kecamatan STTUJehe yaitu rencana pertambangan Besi Hitam (Verum) oleh PT. Dairi Prima Mineral (DPM). Bupati beserta jajarannya dengan tegas dan terbuka mengajak dan masyarakatnya untuk maju, meliputi kemajuan dalam segi Pola Pikir, pola kehidupan sehingga dapat mengikuti perkembangan pembangunan. Kini masyarakat Pakpak Bharat perlahan-lahan telah mempersiapkan diri untuk menatap dan menggapai masa depan yang lebih cerah dengan meningkatkan kerja keras untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat yang Nduma. Untuk memacu semangat maju bagi masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat, Pemerintah diminta untuk lebih bersabar dalam membingbing maupun mengajak masyarakatnya dalam mengikuti perkembangan kemajuan pembangunan dalam berbagai sektor, dikarenakan masyarakat Pakpak Bharat belum percaya sepenuhnya kepada pemerintah tentang program-program pembangunan yang dituangklan kepada masyarakat. Ini disebabkan adanya rasa terisolir yang begitu lama sehingga menimbulkan apatis terhadap pemerintah. Namun sebagian tokoh masyarakat Pakpak Bharat yang berhasil dijumpai penulis mengakui bahwa perkembangan kemajuan Kabupaten Pakpak Bharat sudah tergolong mulai maju dan ini tidak dapat dipungkiri adanya berbagai pembangunan yang mulai berdampak positip kepada masyarakat Pakpak Bharat.